Perbedaan HTTP dan HTTPS Secara Singkat Mudah Dipahami

Tags

Mungkin saat anda browsing atau membuka beberapa situs tertentu, anda melihat ada perbedaan antara situs satu dengan yang lain.

Perbedaan itu ialah terletak di address bar, dimana satu situs menampilkan address bar menggunakan http, dan yang satunya menggunakan https yang biasanya memakai ikon gembok berwarna hijau.

image: codedevelopr.com

Lantas apa pengaruhnya di situs tersebut, dan efeknya untuk pengunjung? begini penjelasan singkatnya.

Mengenal HTTP dan HTTPS


Untuk mencegah anda tertidur membaca artikel ini, saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang pengertian http dan https. Cukup garis besarnya saja.

HTTP ialah singkatan dari Hypertext Transfer Protokol. Dari singkatannya yang berbau transfer, kita sudah tau bahwa http ini adalah sebuah jalur penghubung. Dimana yang yang ditransfer adalah file-file yang dibutuhkan browser untuk menampilkan situs dari server, baik itu file html dan file pendukung lainnya.

Sampai disini saya rasa anda sudah paham apa itu HTTP.

Sedangkan HTTPS bagaimana? HTTPS sendiri pada hakekatnya sama dengan HTTP, namun ada tambahan hurup S dibelakang. Arti S itu ialah Secure (keamanan). HTTP mempunyai tingkat keamanan yang lebih tinggi dibanding HTTP.

Nah, dari penjelasan diatas seharusnya anda sudah mengerti perbedaan keduanya. Terus timbulah pertanyaan, "keamanan seperti apakahnya yang dimaksud?", "Apakah saat kita menemui situs yang hanya menggunakan HTTP sebaiknya berhati-hati?". Berikut jawabannya.

Cara Kerja Kemanan HTTP dan HTTPS


HTTP tidak menjamin data yang dikirimkan terlindungi. Saat anda browsing dan membuka situs tertentu, browser akan meminta data-data berupa file yang diperlukan untuk meload situs tersebut dari server.

Begitupun data yang diminta server dari perangkat kita, seperti password, identitas dan lain-lain.

Nah, data inilah yang bisa dimanipulasi pihak lain. Karena security atau keamanannya lemah.

Sedangkan HTTPS memiliki transmisi yang lebih canggih. Dengan sistem autentifikasi server, enkripsi dan integritas data, pihak manapun akan sulit menembusnya.

Berarti HTTP tidak aman?


image: resellerspanel.com

Pada dasarnya google pun juga menganjurkan anda untuk mengakses situs yang sudah menggunakan HTTPS, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tapi bukan berarti situs HTTP selalu tidak aman. Begitupun HTTPS, bukan berarti selalu terjamin kemanannya. Kembali ke user untuk selalu berhati-hati dalam berselancar di internet.

Begitulah penjelasan singkat mengenai HTTP dan HTTPS. Sengaja saya tidak jabarkan menggunakan bahasa orang komputer, agar semua orang bisa memahaminya.

Seorang penggila dunia komputer, punya hobi blogging dan ngoding. Sekarang masih menyamar sebagai karyawan di sebuah perusahaan media :)

2 komentar

Saya masih menggunakan Http 🙁

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.


EmoticonEmoticon